IKLAN

Natural

Asosiasi Atletik Polandia Pinjamkan Bendera ke Zohri Juara Dunia Lari 100 meter asal Indonesia

Zohri Juara Dunia Lari 100 meter bersama Bendera Polandia (Putih Merah) karena tak ada bendera Merah Putih
Lalu Mohammad Zohri (18 tahun) meraih medali emas untuk nomor lari 100 meter pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang berlangsung di Finlandia, Rabu (11/7) lalu.

Namun, kabar gembira itu sempat diwarnai insiden yang kurang menyenangkan. Sang juara terpaksa menggunakan bendera Polandia saat selebrasi di depan kamera. Sebab, dia tidak mendapatkan bendera Indonesia sesaat setelah lomba usai.

Fakta ini diungkap pihak Polski Związek Lekkiej Atletyki  (PZLA), Asosiasi Atletik Polandia. Melalui akun Twitter resminya tertanggal 11 Juli 2018, PZLA menampilkan foto Mohammad Zohri menjelang selebrasi. 

Atlet yang lahir di Lombok, NTB, itu tampak sedang menyelimuti punggungnya dengan bendera berwarna merah dan putih, namun sebenarnya bendera tersebut adalah bendera Polandia yang berwarna Putih Merah.

Sementara, di belakangnya seorang pria dan seorang perempuan yang, melihat pada warna kulitnya, jelas bukan orang Indonesia.

Foto tersebut disertai keterangan dalam bahasa Polandia, yang artinya: “Ya—bendera ini, yang kalian dapat lihat melalui gambar tersebut adalah bendera Putih-Merah milik Polandia. Tim kami meminjamkannya (kepada Mohammad Zohri –Red), tetapi para jurnalis menolak menerjemahkannya ke dalam (bahasa) Indonesia @#IAAFW.”

Sebelumnya, duta besar RI untuk Finlandia, Wiwiek Setyawati Firman telah menyampaikan klarifikasi terkait insiden tersebut.

Pihak KBRI Finlandia menanggapi pelbagai keberatan yang diungkapkan warganet tentang tayangan Mohammad Zohri yang mondar-mandir di depan tribun penonton untuk mencari bendera Indonesia.

Menurut Wiwiek, hanya wartawan televisi yang punya akses di garis finis ketika kejuaraan itu berlangsung. Dia lantas mencontohkan awak media Negeri Paman Sam yang dinilainya sigap meliput.

“Media Amerika Serikat sangat banyak dan mereka siap meliput di garis finis. Mereka juga membawa bendera mereka karena yakin atlet AS selalu menang pada lari 100 meter,” kata Wiwiek Setyawati Firman dalam keterangannya, Jumat (13/7).

Dia mengklaim, media asal Indonesia tidak ada dalam ajang kejuaraan tersebut. Adapun para pelatih Indonesia yang duduk di tribun penonton, lanjutnya, tidak diperbolehkan masuk ke lintasan lari.

“Hanya superman-lah yang bisa meloncati pagar masuk ke lintasan untuk memberikan bendera di garis finis dengan cepat dalam tempo yang sama dengan wartawan AS yang sedari awal memang sudah siap siaga di garis finis," demikian siaran pers KBRI Finlandia itu.


Posting Komentar

0 Komentar